Resep Cara Membuat Pindang Bandeng Betawi Enak

Resep Cara Membuat Pindang Bandeng Betawi Enak – Merupakan salah satu sajian kuliner yang huga popular di di kalangan masyarakat karena kelezatatnnya. Masakan ini juga sekarang anyak kita jumpai di berbagai warung makan dan resto dengan menu spsesial pindang bandeng. Bahkan menu ini hampir tak pernah ditinggalkan meskipun harganya hampir sama dengan menu masakan ikan lainnya tapi hal tersebut tak berarti apa-apa buat pelanggan yang sudah jatuh hati pada masakan ini dan hampir setiap hari masakan tersebut habis dalam waktu setengah hari saja. Dan masakan-masakan khas Indonesia itu eksotik banget, aroma dari bumbu dan rempahnya luar biasa. Seperti masakan khas Betawi yang satu ini, pindang bandeng. Sebenernya saya kurang suka dengan ikan bandeng karena durinya banyak dan halus. Berhubung hanban suka jadilah coba masak pindang bandeng ini. Asal bener bersihinnya, bau lumpur ikan bandengnya bisa ilang juga kok. Ada beberapa bumbu dari resep pindang bandeng yang gak saya pakai karena harus mengurangi makanan pedas dan asem, tapi rasanya tetep ok kok, seger manis sedikit asam dan pedas, makan sama nasi hangat pake kerupuk udah cukup mancing selera makan.

Yang pengen nyobain bikin juga, silakan ini dia resep pindang bandeng, ya resep pindang bandeng ini emang punya banyak versi ya, tapi jenis bumbunya relatif sama paling beda dikit di pengolahan bumbu atau di jumlahnya. Berikut kali ini kami akan bahas tentang Resep Cara Membuat Pindang Bandeng Betawi Enak:

resep pindang bandeng

resep pindang bandeng

Resep Cara Membuat Pindang Bandeng Betawi Enak

Bahan membuat pindang bandeng khas Betawi:

  • 2 buah ikan bandeng, bersihkan, potong 3 bagian
  • 1 sdm air asam jawa, dari 1 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air
  • 1/2 sdt garam
  • 1.000 ml air
  • 6 butir bawang merah, bakar, memarkan
  • 3 siung bawang putih, bakar, memarkan
  • 3 buah cabai merah, bakar, potong 2 cm
  • 10 buah cabai rawit utuh
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 cm kunyit, bakar, memarkan
  • 1 cm jahe, bakar, memarkan
  • 2 cm lengkuas, bakar, memarkan
  • 5 sdm kecap manis
  • 4 buah belimbing sayur, dipotong-potong
  • 4 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Cara membuat pindang bandeng khas Betawi:

  1. Langkah awal lumuri bandeng dengan air asam dan garam. Diamkan 15 menit (jangan sampai lebih ya)
  2. Kemudian didihkan air. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daun salam, serai, kunyit, jahe, dan lengkuas. Masak hingga bumbu harum.
  3. Masukkan ikan, kecap manis, asam jawa, belimbing sayur, garam, dan gula pasir. Masak dengan api sedang sampai matang dan meresap.
  4. Nah resep pindang bandeng siap untuk dihidangkan.

Itulah tadi langkah-langkah pembuatannya. Gimana cukup mudah kan cara buatnya? Ayo segeralah anda membuatnya dirumah dengan racikan anda sendiri dan sesuai dengan resep yang diatas. Bila anda masih kesulitan atau bahkan anda masi ragu dan tak bisa cara buatnya cobalah anda membaca ulang dari awal sampai akhir hingga anda benar-benar paham dan bila anda sudah merasa paham dan bisa ayo segeralah anda mencobanya dirumah karena dengan latihan terlebih dahulu kita akan punya banyak kesempatan dalam menyajikan masakan. Dan masakan ini juga membtuhkan kesabaran dalam pengolahan daging ikan ini. Atau ada alternatif lain anda bisa kunjungi di web kami kresep.com semua resep masakan, minuman dan kue-kue ada semua di web kami. Oke demikianlah akhir dari pembahasan kami tentang Resep Cara Membuat Pindang Bandeng Betawi Enak dari kresep.com dan jangan lupa untuk tetap saksikan resep yang lainnya yang lebih menggugah selera anda tentang Resep Cara Membuat Empal Gepuk Daging Sapi Enak  

Resep Cara Membuat Pindang Bandeng Betawi Enak | Bunda Lisa | 4.5

Leave a Reply